Etika Public Speaking yang wajib dikuasai

Etika Public Speaking

Etika Public Speaking sangat penting untuk dipahami agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik. Sebelum memahami Etika Public Speaking  maka perlu diketahui tentang Public Speaking itu sendiri. Public Speaking merupakan aktifitas komunikasi lisan yang dilakukan secara langsung di depan umum atau di hadapan sekelompok orang.

Semua orang bias berbicara namun untuk berbicara didepan umum membutuhkan keahlian khusus yang tentunya bias dilatih. Bagi sebagianorang berbicara didepan umum itu hal yang biasa namun bagi yang ada yang kesulitan karena merasa malu dan merasa tidak memiliki potensi.

baca juga: Basic Manners atau Tata Krama Dasar

Sebegai generasi muda kemampuan berbicara didepan umum sangat diperlukan untuk melatih kepercayaan diri dan sebagai salah satu wadah untuk menyampaikan informasi yang tentunya mencerminkan kualitas diri.

Berikut ini merupakan Etika Public Speaking yang wajib dikuasai:

Ada 6 hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Niat Yang Baik
    Niatkan bahwa anda akan menyampaikan materi yang baik dan bermanfaat.
  2. Persiapan Yang baik
    persiapkan dengan matang segala sesuatunya. Mulai dari konten yang berbasis data, mental serta penampilan. Berlatihlah terlebih dahulu agar semua berjalan lancar.
  3. Menghormati audience

Saat menyapaikan informasi maka pastikan anda menghargai penonton. Salah satunya adalah dengan                            menatap mata mereka, menggunakan bahasa yang santuk dan tidak menghina.

  1. Jujur
    samapaikan semua materi dengan jujur maka anda akan merasa ringan karena semua yang anda sampaikan sesuai kapasitas anda.
  2. Menggunakan Bahasa dan cara Penyampaian Yang Santun
    Apa yang anda bicarakan didepan umum tidak bias diulang apalagi sekarang ada media social yang akan mengabadikan jejak social anda. Maka dari itu ketika berbica didepan umum pilihlah bahasa yang baik serta penyampaain yang santun.
    Maka, berbicaralah yang santun.
  3. Memilih konten yang tepat

Pilihlah konten yang tepat sesuai acara ataupun peristiwa dimana anda akan berbicara. Konten yang tepat                    dengan tempat yang semestinya akan membuat nilai public speaking anda bernakna.

  1. Hindari Plagiarisme
    Jujur termasuk salah satu cara untuk menghindari plagiarism. Maka ketika anda mengunakan sumber lain, sudah semestinya mencantumkan sumber tersebut. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap karya orang lain. Ketika Anda berbicara dan menggunakan sumber lain, maka cantumkan sumbernya sebagai bentuk apresiasi dan menjaga kredibilitas tulisan.
  2. Menjadi Diri Sendiri

Untuk tampil didepan umum tidak harus sempurna apalagi sampai menjadis eperti orang lain. Yakinlah bahwa anda diciptakan lengkap dengan keunikan anda maka wujudkanlah itu dengan bangga menjadi diri sendiri dan terus gali potensi yang anda miliki.

Related articles

HAPPY START NOW

Start getting out of bed in the morning to sleep again at night, a lot of things that we should be grateful. If we open our eyes and hearts, probably would not be able to count the gifts that God has given to us today. But the gift is so abundant often enclosed by negative […]

Lulus SMA, Ending or Bigining?

Ketegangan begitu terasa ketika ujian Nasional dimulai dan kebahagiaan begitu kentara ketika kelulusan terdengar menggembirakan. Nah kalau sudah seperti ini, lulus SMA Bigining or Ending? Moment –moment seperti ini akan segera terjadi. Perayaan kelulusan yang penuh dengan warna-warni dengan aksi mencorat-coret. Para siswa SMA masih memiliki waktu sekitar dua bulan untuk merencanakan cara terbaik untuk […]