Menghitung Berat Badan Ideal

Berat badan ideal adalah impian semua orang. Bagaimana tidak karena berat badan yang ideal pertanda kesehatan anda. Sehigga saat ini banyak orang yang melakukan pola hidup sehat. Manfaat utama adalah terhidar dari penyakit.

Maka dari itu ketahui berat badan ideal anda. Ketika seseorang dapat menghitung berat badan ideal maka akan dapat memperlakukan tubuh dengan tepat. Jika berat badannya berlebih maka akan dapat membantu seseorang untuk diet. Sayangnya banyak orang yang belum mengetahui cara untuk menghitung berat badan.

Haruskah Saya mempunyai Berat Badan Ideal?

Jangan meremehkan berat badan berlebih atau obesitas. Orang tenang namun sebenarnya juga khawatir tentang berar badan yang berlebih akan mengatakan “gemuk tidak masalah yang penting sehat”. Padahal berat badan yang berlenbih merupakan tanda tubuh dalam keadaan tidak beres.

Tahukah anda jika Berat badan berlebih atau obesitas merupakan sumber penyakit yang berbahaya, bahkan bisa mengancam nyawa. Penumpukan lemak berlebihan karena porsi makan yang berlebih akan menyebabkan penyakit, diantaranya, serangan jantung, Hipertensi, Kolesterol tinggi, Kanker. Mengerikan bukan! Oleh karen itu, penting bagi kita untuk secara rutin mengontrol berat badan kita agar tetap ideal.

Cara menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

 

  1. Ketahui berat badan normal

    Pertama, ketahui berat badan dan tinggi badan anda. Kemudian masukkan kedalam rumus berikut ini.
    Berat badan normal (kg) – tinggi badan (cm) – 100
    Misal, tinggi badan 170 cm, maka normalnya berat badanya adalah 70 kg.

  2. Menghitung Berat badan dengan rumus Broca

    Rumus yang ditemukan oleh Pierre Paul Broca bisa digunakan untuk menghitung berat badan ideal anda. Caranya adalah :
    :>>Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]
    : >>Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]
    Contoh: seorang wanita yang memiliki tinggi badan 160 cm, maka berat badannya adalah:
    Berat badan ideal= [(160-100)] – [(160-100)x15%] = 60-9= 51 kg.
    Jadi dapat disimpulkan jika berat badan normal belum tentu merupakan berat badan ideal.

  3. Menghitung berat dengan kalkulator BMI

    Cara menghitung berikutnya adalah dengan kalkulator BMI (Body Mass Index) atau IMT (Indeks Masa Tubuh. Caranya sama yaitu ketahui berat badan dan tinggi badan anda.

     

    Cara menghitung dengan kalkulator BMI adalah:
    Berat badan ideal = Berat badan (kg) : Tinggi badan (m2)
    Contoh, berat badan 58 kg, dan tinggi 1,60 m –jumlah 1,60 kuadrat adalah 1,60×1,60= 2,56 m, maka nilai BMI kamu adalah 58:2,56 = 22,65.
    Maka angka 22,65 dilihat dari standar BMI, anda dalam kondisi berat badan normal.

 

Cara mendapatkan berat badan ideal

Nah setelah mengetahui cara menghitung berat badan ideal maka kuatkan keyakinan anda untuk mendapatkan berat badan ideal. Berikut merupakan cara mendapatkan berat badan ideal dengan mudah.

    1. Konsumsi Real Food

      Real food merupakan makan keren dari makanan asli hasil bumi sebelum diolah. Seperti, buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, umbi, telur, ayam, sapi dan ikan. Betapa kemudahan menjaga berat badan ideal ada didepan mata namun sering kita abaikan. Memasak itu menyenangkan maka olah makan anda sendiri. Selain berat badan ideal maka sehat tentu juga akan anda dapatkan.

    2. Hindari Makanan Kemasan

      Namanya saja makanan kemasan tentu telah dikemas dengan begitu cantiknya. Namun makanan ini berbahaya bagi anda karena banyak mengandung garam, gula, dan karbohidrat olahan. Apalagi tertera tanggal expired nya. Wah tentu ada bahan pengawet yang bahaya bagi tubuh.

    3. Penuhi kebutuhan air putih

      Bukan rahasia lagi jika sebagai besar tubuh kita terdiri atas cairan. Maka kebutuhan cairan sangat besar. Air putih sangat penting bagi tubuh. Mengkonsumsi air putih lebih banyak bisa membantu proses diet secara alami, paling tidak 2 liter per hari. Selain sehat, mudah didapat dan murah manfaatnyapun luar biasa.

    4. Kurangi Konsumsi Garam dan Gula

      Garam dan gula membuat cita rasa makanan semakin kuat sehingga menambah nafsu makan. Dan juga mengkonsumsi sodium berlebihan bisa menghambat proses metabolisme lemak dan dapat menyebabkan kegemukan

    5. Istirahat cukup

      Kebiasan buruk seperti begadang dan mengabaikan kebaikan istirahat akan berdampak buruk bagi kesehatan. Maka untuk diet yang sehat dan berhasil anda harus mulai melakukan gaya hidup sehat. Dengan tidur 7-8 jam per malam adalah usaha terbaik untuk hidup sehat. Ingat tubuh anda juga perlu me time. Selain itu hindari alkohol, tidak merokok dan yang paling penting, adalah positive thinking.

    6. Olah raga rutin dan konsisten

      Apapun olah raga yang anda pilih pastikan melakukannya dengan rutin dan konsisten. Dengan demikian maka sehat dan berat badan ideal akan anda dapatkan.

      Baca Juga : Pola hidup sehat

Mendapatkan berat badan ideal itu mudah selama anda benar-benar mengingikannya maka perjuangan. Tidak ada kerugian melakukan pola hidup sehat sekaligus mendapatkan berat badan ideal. Anda akan semakin percaya diri dan semakin mensyukuri arti hidup ini.

Related articles

Minum Bisa Menyebabkan Mati

Setelah membaca judul diatas, pasti banyak pertanyaan yang muncul diotak kalian. Kok bisa??? Padahal kita semua tahu bahwa minum itu sangat penting untuk kesehatan. Lalu, bagaimana bisa minum menyebabkan kematian? Yuk guys kita simak artikel di bawah ini. Minum yang bisa menyebabkan mati disini adalah minum yang melebihi batas maksimum atau sering disebut over. Memang […]

Cara Memakai Masker yang Benar

Tahun 2020 merupakan tahun yang berbeda untuk indonesia dan dunia. tahun ini dunia tengah  menghadapi pandemi virus covid-19. dampaknya tatanan sosial menjadi kacau. menjaga imunitas tubuh menjadi kampanye masal serta social distancing adalah kebijakan yang diterakpan.   tidak hanya berhenti sampai disitu, jagad mesos mulai ramai tentang berbagai cara untuk melindungi diri. salah satunya adalah memakai […]