Siap 100 % UNBK SMA sederajat

UNBKYUNIK

 

Semakin bertambahnya tahun tentu teknologi makin berkembang. Bahkan, sekarang teknologi juga berkembang dalam bidang pendidikan. Dalam hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya Ujian Nasional berbasis komputer, padahal dulu masih menggunakan kertas dan pensil atau yang sering disebut berbasis pensil. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah sistem baru yang telah diuji coba lewat instruksi pemerintah sejak dua tahun belakangan.

Dikutip dari Tirto.id  bahwa “Tahun depan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Muhadjir Effendi menargetkan seluruh siswa SMA dan SMK di Indonesia akan memakai sistem tersebut. Untuk jenjang SMA, SMK dan sederajat seluruhnya harus sudah siap dengan penerapan UNBK. Sedangkan untuk jenjang SMP, MTs dan sederajat ditargetkan 80 persen sudah menerapkan UNBK,” kata Muhadjir di Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017) kepada Antara.

Pelaksanaan UNBK tentulah harus didukung dengan infrastruktur yang memadai. Jadi, untuk sekolah yang komputernya belum memadai maka akan dibantu oleh pihak pemerintah. Nah, UNBK ini dilakukan tidak serta merta dilakukan agar modern, namun UNBK ini dapat meminimalisir kebocoran jawaban dan akan dapat digunakan untuk mengukur kepandaian siswa. Namun, UNBK juga tidak murni untukk mengukur kepandaian, faktor Bejo juga bisa membantu dalam hasil UNBK seperti pepatah ” Wong pinter kalah karo wong bejo”.

Pelaksanaan Ujian berbasis komputer tentu tidak bisa dilakukan secara dadakan. Perlu proses yang panjang agar dapat maksimal. Tahun 2018 SMA sederajat sudah siap 100% untuk pelaksanaan UNBK. Sedangkan untuk SMP sederjat sudah 80%. Hal ini membuktikan bahwa indonesia sudah lebih maju dari sebelumnya. Pendidikan pun semakin maju. Kita harus bangga dengan kemajuan Indonesia ini.

Bagi sekolah yang tahun sebelumnya sudah melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer maka tahun ini akan menjadi momen yang tidak terlalu menakutkan. Namun,untuk sekolah yang belum pernah mengadakan UNBK maka ini adalah sesuatu yang merepotkan dan membingungkan. Bukan hanya untuk pihak sekolahnya saja, bagi murid pun juga demikian. Banyak siswa yang masih kosong akan pengetahuannya untuk bidang IT. Banyak siswa yang gagap teknologi. Jangan bingung dulu, dan jangan khawatir. Tidak ada masalah yang datang tanpa adanya penyelesaian. Buat siswa-siswi yang masih kurang pengetahuannya akan teknologi bisa belajar mulai dari sekarang. hal ini akan menjadi upaya pihak sekolah agar siswa dapat mengikuti UNBK dengan lancar. Selain itu, siswa pun harus semangat belajar agar tidak mengecewakan sekolah, bapak ibu guru dan kedua orang tuanya.

Jadi untuk generasi zaman sekarang, pintar-pintarlah mengikuti perkembangan iptek agar tidak gagap teknologi alias gaptek. Selain itu, teruslah belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh, berprestasilah, jangan malas dan ciptakan sebuah karya yang mengagumkan dunia. Nama baik bangsa indonesia ada di tanganmu dan masa depan indonesia ada di pundakmu. Untuk generasi muda Indonesia tetap semangat dalam menghadapi kemajuan bangsa ini. Fighting!!!!

Related articles

Cum laude tidak harus pintar

Masa kuliah adalah masa yang paling menyenangkan setelah SMA. Pada masa ini kedewasan seseorang dipertaruhkan. Tahap pendidikan dimana suaranya telah dipertimbangkan dalam dunia politik. Namun terlepas dari itu ada prestasi yang harus dipertanggung jawabkan sebagai seorang mahasiswa. Prestasi itu salah satunya adalah mencapai cum laude dalam IPK. Alangkah bangganya orang tua anda, ketika wisuda nantinya […]

Imunisasi dan Kesehatan Anak

Imunisasi merupakan sebuah kata yang sering kita jumpai ketika mengiringi perkembangan anak. Ketika membaca tentang imunisasi di internet tentu saja anda akan menemui beberapa informasi yang pro dan kontra. Alasan yang pro mengatakan bahwa anak sangat membutuhkan imunisasi sebagai vaksin diri agar anak anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan demikian anda diwajibkan untuk mengikuti […]