Tahun 2019 SBMPTN dan Tes Mandiri akan dihapuskan? Setuju atau tidak?

Selama ini kita tahu bahwa untuk memasuki Perguruan Tinggi Negri atau PTN terdapat 3 jalur, yaitu SNMPTN ( Seleksi Nasional Memasuki Perguruan Tinggi Negeri ), SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Jalur tes atau mandiri. Kalian tentu tahu bahwa SNMPTN merupakan jalur yang menggunakan Nilai Raport Semester 1 sampai 5 SMA. Sedangkan SBMPTN merupakan jalur dengan melakukan tes tulis.

SBMPTN pun dulu hanya menggunakan kertas atau LJK dN sekarang sudah mengunakan komputer atau CBT. Terbukti semakin tahun teknologi semakin canggih dan sistem pendidikan di indonesia juga berubah. Perubahan ini juga diikuti dengan perubahan yang lain untuk menuju lebih baik.

Tahun 2019 ini SBMPTN dan tes mandiri masuk PTN akan dihapuskan. Apakah kalian setuju dengan keputusan ini??. Dikutip dari www.jpnn.com bahwa Menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, penghapusan SBMPTN dan seleksi mandiri karena banyak merugikan siswa.Terlebih, sistem tesnya kebanyakan tertulis sehingga hasilnya bisa dimanipulasi. Itu sebabnya akan digantikan dengan test center.

Dilansir dari situs VIVA.CO.ID, pemerintah sedang merancang sistem seleksi baru yang disebut Pusat Layanan Tes atau Test Center.Mereka menilai hal ini bisa menjangkau lebih banyak siswa dari berbagai daerah.”Harapannya saya begitu (tahun depan tidak ada SBMPTN). Hanya SNMPTN. Yang melalui test center harapan saya orang tidak bergantung pada saat sekarang selesai sekolah. Begitu masuk kelas tiga bisa lakukan seleksi, karena banyak anak pintar Indonesia dijaring di luar negeri. Bulan Desember sudah diterima di kampus sana,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir.

Kelebihan dari test center ini adalah siswa siswi kelas 3 SMA bisa langsung mengikuti sesuai jadwal, kapan saja, dimana saja karena pelaksanaanya dilaksanakan sepanjang tahun. Tentu hal ini akan meningkatkan bakat dan minat masing-masing dari siswa. Selain itu, diharapkan dengan dihapuskannya SBMPTN dan tes mandiri masuk PTN akan membuat semua anak indonesia yang berprestasi bisa kuliah dan tercetak menjadi lulusan yang baik yang berguna bagi bangsa Indonesia kedepannya. Dengan adanya test center ini juga dapat menghindari kebocoran soal dan ketidak adilan. Pusat Layanan Tes ini merupakan salah satu terobosan baru yang akam menitikberatkan pada penggalian potensi akademik calon mahasiswa. “Selama ini kan model SBMPTN selalu ujian tulis, dan sangat tinggi risiko kebocoran soal, dan mata uji yang diujikan belum tentu pas,” kata Nasir, di Jakarta.

Test Center ini juga memungkinkan siswa untuk berkali kali mengikuti tes. Jika tidak lolos bisa mengikutinya lagi dan berlangsung selama berkali kali. Jika siswa SMA pada semester 5 sudah yakin bahwa dia pantas untuk masuk PTN bisa langsung mengikuti test center ini. test centerakan mirip seperti tes TOEFL atau tes bahasa lainnya yang dibuka sepanjang tahun. Oleh karena itu, mulai sekarang Yuk kita sedikit demi sedikit untuk mengikuti test center ini dan menjadi generasi penerus indonesia yang hebat. Kita juga harus siap berkompetisi dengan sportif dan selalu mencoba tanpa kenal lelah.

Related articles

Mainan yang Tetep Eksis

Mainan adalah bagian dari perjalanan hidup. Mainan tidak lepas dari sejarah kehidupan manusia. Mainan untuk anak-anak sekarang ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari yang manual sampai yang tercanggih. Bahkan sekarang sudah ada mainan dengan menggunakan Kinect sensor yang membaca gerak tubuh untuk bermain. Waw luar biasa! Di jaman seperti sekarang ini banyak […]

Aplikasi Game Android Edukasi Terbaik

Aplikasi game android edukasi terbaik ini hadir dalam menyempurnakan perkembangan buah hati anda. Anak merupakan harapan baru bagi orang tua, sehingga apapun akan dilakukan untuk mewujudkan harapan baru itu. Di era modern ini android sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat sehingga anak sudah akrab dengan keberadaannya.  Aplikasi game Android edukasi menjadi sarana yang bisa menjadi […]